Pengertian LAN (Local Area Network), Funsi, Karasteristik dan Komponen Jaringan LAN


Saat ini LAN sangat populer digunakan di berbagai bidang apalagi sekarang pemerintah mewajibkan untuk menggunakan komputer untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang mengakibatkan instansi sekolah mau tidak mau harus menggunakan LAN. Kata LAN sering di ucapkan oleh para operator atau teknisi sebuah instansi yang menggunakan LAN lantas apakah kita tau apa pengertian LAN berikut adalah PENGERTIAN LAN
Baca Juga : Macam-macam jaringan komputer beserta pengertiannya
PENGERTIAN LAN
LAN adalah suatu jaringan komputer yang menyambung kan beberapa komputer yang dalam cakupan nya sangat kecil atau sangat terbatas bagi penggunanya biasanya LAN Digunakan untuk jaringan komputer kantor, sekolah, rumah, instansi atau hanya satu ruangan saja karena sangkin terbatasnya LAN dapat digunakan.
Saat ini sebagian besar kabel LAN menggunakan sebuah teknologi yang bernama (IEEE) 802.3 Ethernet yang dilengkapi perangkat dengan perangkat yang dinamakan switch dengan kecepatan tranfer data  1000 Mbits/ second. Selain itu, ada juga teknologi 802.11b (Wi-fi) yang banyak dipakai untuk membentuk LAN, dimana area yang menyediakan koneksi LAN bioteknologi Wi-fi disebut dengan hotspot.
Pada umumnya jaringan LAN digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berdekatan atau berada dalam wilayah kecil. Misalkan jaringan komputer yang terpasang dalam laboratorium sekolah sehingga memudahkan penggunanya untuk memindahkan mengatur atau memperbaiki sebuah sistem karena mereka semua tergabung dalam satu kabel LAN
Pengertian LAN Menurut para Ahli
Agar kita lebih mengerti tentang LAN mari kita menyimak beberapa pengertian LAN yang dikemukakan oleh orang-orang terdahuli beriku Pengertian LAN
1.    Agus J. Alam
Menurut Agus J. Alam, arti LAN adalah suatu jaringan yang terdiri atas satu komputer atau lebih, yang terdapat di dalam suatu lokasi tertentu.
2.   Angga Wibowo
Pengertian LAN menurut Angga Wibowo adalah sebuah jaringan yang bersifat pribadi atau lokal. Pada umumnya penggunaan jaringan LAN digunakan dalam ruang lingkup yang terbatas/kecil, misalkan seperti dalam sebuah kantor, kampus, dan lingkungan lainnya yang berada dalam cakupan daerah kecil.
3.   Bonnie Suherman
Menurut Bonnie Suherman, pengertian LAN adalah sebuah jaringan yang terbatas pada ruangan tunggal dalam satu gedung atau menghubungkan beberapa gedung dalam satu area geografis tertutup.
4.   Arief Ramadhan
sedangkan menurut Arief Ramadhan LAN adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki area cakupan yang terbatas pada area data cakupan tertentu.
5.   Teguh Wahyono
Menurut Teguh Wahyono, LAN adalah sebuah jaringan komputer yang bersifat lokal, yang memiliki cakupan wilayah yang tidak terlalu besar. 
Itulah tadi beberapa pengertian jaringan komputer menurut beberapa ahli muda-mudahan sampai disini kita memahami semuanya Amin....
Baca Juga : Macam-macam jaringan komputer beserta pengertiannya
Karakteristik LAN
LAN sendiri memiliki beberapa karakteristik yang membedakan LAN dengan MAN(Metropolitan Area Network) dan membedakannya juga dengan  WAN (Wide Area Network). Adapun beberapa karakteristik LAN adalah sebagai berikut:
·        LAN berada dalam ruang lingkup geografi yang lebih sempit (area kantor, kampus, sekolah, dan rumah), artinya penggunaan LAN sangat terbatas bagi penggunanya sehingga LAN dikategorikan sebagai LOCAL
·        LAN memiliki kecepatan perpindahan data yang lebih tinggi, karena LAN memiliki ruang lingkup yang sempit sehingga memungkinkan perpindahan data yang lebih cepat.
·        LAN memiliki fungsi yang baik tanpa memerlukan jalur telekomunikasi. Dengan kata lain, LAN tidak membutuhkan akses internet.
Fungsi Jaringan LAN
Pada dasarnya fungsi utama jaringan LAN dibangun atau dibuat adalah untuk menghubungkan beberapa komputer di dalam jaringan sehingga proses kerja menjadi lebih mudah dan cepat karena memiliki area yang sempit dan dapat diakses tanpa menggunakan jaringan internet. berikut ini adalah pengertian LAN yang berlandaskan dengan pengertian di atas:
·        Untuk menghubungkan beberapa komputer dalam suatu wilayah kecil.
·        Dapat menghemat biaya pada saat pen operasional karena perangkat yang berada dalam satu jaringan dapat digunakan secara bersamaan 
·        Untuk memungkinkan dan mempercepat proses berbagi data dan program antar komputer di dalam jaringan.
·        Untuk melakukan komunikasi antar komputer dan perangkat lainnya yang memiliki koneksi yang sama.
Baca Juga : Macam-macam jaringan komputer beserta pengertiannya
Komponen Dasar Jaringan LAN
Karena LAN berbentuk padat sehingga LAN terdiri dari beberapa komponen dasar yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat menghubungkan beberapa komputer dengan sangat cepat walaupun jangkauannya kecil. Adapun beberapa komponen dasar LAN adalah sebagai berikut:
·        Workstation, yaitu node atau host yang berupa suatu sistem komputer.
·        Network Software, merupakan perangkat lunak yang sering digunakan untuk menjalankan sebuah jaringan LAN yang berfungsi sebagaimana mestinya.
·        Server, yaitu suatu hardware (perangkat keras) yang fungsinya untuk melayani jaringan dan workstation yang ter koneksi dengan suatu jaringan.
·        Link, merupakan bagian dari jaringan LAN yang sering kita gunakan sebagai alat untuk menghubungkan workstation  dengan server yang menggunakan fisik.
·        Network Interface Card (NIC), yaitu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol.
Kelebihan dan Kekurangan LAN
Setiap jaringan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. berikut merupakan kelebihan dan kekurangan LAN yang telah di rangkum sebagai berikut:
1.   Kelebihan LAN
·        Pengguna LAN dapat berbagai sumber daya (resource), dengan adanya LAN maka pengguna LAN tersebut dapat saling berbagi sumber daya yang ada di setiap komputer yang terhubung dengan LAN tersebut.
·        Data terpusat ,pada saat menggunakan LAN tentunya data yang bertebaran antara komputer satu dengan komputer lain berkumpul menjadi satu sehingga para clien atau user dapat mengakses data tersebut.
2.   Kekurangan LAN
·        Keamanan yang rentan, hal ini terjadi karena setiap komputer dapat diakses oleh setiap penggunanya. Mungkin saja ada pengguna yang tidak dapat menjaga kerahasiaan data dan password yang dimilikinya sehingga pengguna tak sah dapat menerobos masuk.
·        Masalah pada server pusat, jika terjadi masalah pada server pusat maka akan berakibat buruk pada seluruh jaringan LAN. Misalnya, jika server pusat terinfeksi virus maka seluruh komputer di dalam jaringan akan terinfeksi.
·        Instalasi cenderung mahal, pada dasarnya biaya instalasi tergantung besarnya infrastruktur dan juga kondisi geografi, dan jenis topologi jaringannya. Namun, instalasi LAN pada umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit
Itulah tadi penjelasan tentang Pengertian LAN (Local Area Network), Fungsi, Karakteristik dan Komponen Jaringan LAN muda-mudahan bermanfaat baki kita semua dan dapat menjadi sebuah referensi yang unggul sehingga dapat dijadikan patokan dalam bidang pembelajaran dan lain sebagainya.
Baca Juga : Macam-macam jaringan komputer beserta pengertiannya

0 Response to "Pengertian LAN (Local Area Network), Funsi, Karasteristik dan Komponen Jaringan LAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel