Macam Macam Jaringan Komputer beserta Pengertiannya | LENGKAP

Hai sobat semua muda mudahan pada hari ini diberikan berkat oleh tuhan sang pencipta, tentunya pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang macam jaringan tentunya juga dengan pengertiannya.
Macam Macam Jaringan Komputer beserta Pengertiannya | LENGKAP
Secara tidak sadar saat kita menggunakan komputer untuk terhubung ke internet tentunya kita menggunakan jaringan yang telah mendukung perangkat komputer yang kita gunakan. Banyak diantara kalian bertanya tanya tentang apakah yang saya gunakan, mengapa komputer saya dapat terhubung di internet, mengapa itu dapat terjadi berikut adalah penjelasan tentang macam-macam jaringan beserta pengertiannya berikut penjelasannya.
PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Setiap sebuah kata tentunya memiliki pengertian begitu pun jaringan komputer memiliki pengertian tersendiri berikut adalah pembahasan nya.
A. Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum
Apa itu jaringan Komputer ? jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang memungkinkan komputer satu dengan komputer yang lain dapat saling terhubung mengunakan hadware
Istilah lain dari jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebagai suatu kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung atau dapat diartikan sebuah sistem yang menghubungkan sebuah suatu komputer dengan komputer lain
Tujuan dibangunnya sebuah jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawah oleh transmisi atau pengirim kepada receiver atau penerima dengan tetap, cepat, dan akurat.
Dengan adanya jaringan komputer pengguna dipermudah oleh jaringan komputer untuk berkomunikasi antara satu sama lain yang cepat dan akurat sehingga pengguna puas dengan menggunakan jaringan komputer. Selain, itu, peranan dari jaringan komputer ini sangat dibutuhkan untuk berinteraksi data antara komputer komputer client sehingga dapat memperoleh data yang relevan.
B. Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli
Beberapa ahli mengutarakan pendapat mereka tentang pengertian jaringan komputer, berikut ini pengertian jaringa komputer menurut beberapa ahli.
1.   Pengertian Jaringan Komputer Menurut Jafar Noor Yudianto
Menurut seseorang yang bernama Jafar Noor Yudianto, Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari komputer-komputer yang dapt saling membagi data yang dimiliki.

2.   Pengertian Jaringan Komputer Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jaringan komputer adalah: “merupakan sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama.”
3.   Pengertian Jaringan Komputer Menurut Budhi Irawan
Menurut Budi Irawan, jaringan komputer adalah: “suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.”
4.   Pengertian Jaringan Komputer Menurut Izaas El Said
zaaz El Said juga memberikan pendapatnya tentang pengertian jaringan komputer, menurut nya jaringan komputer adalah sebuah sistem yang didalamnya terdapat komputer-komputer yang saling membagi data yang dimilikinya.
5.   Pengertian Jaringan Komputer Menurut Abdul Kadil
Abdul Kadil menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Jarigan Komputer adalah: “suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya yaitu untuk melakukan pertukaran data.”
6.   Pengertian Jaringan Komputer Menurut Zymon Machajewski
seseorang bernama Zymon Machajewski memberikan pendapatnya tentang pengertian jaringan komputer dan dia mengatakan bahwa  jaringan komputer adalah seperangkat komputer yang saling ter koneksi antara komputer satu dengan komputer lain yang bertujuan untuk memberikan file yang dimilikinya kepada komputer lain yang terhubung dengannya7.   Pengertian Jaringan Komputer Menurut Teguh Wahyono
Teguh Wahyono berpendapat bahwa jaringan komputer adalah: “sekumpulan komputer otonom yang saling terhubung satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi pada suatu jaringan komunikasi data.”
Setelah kita mengetahui pengertian jaringan komputer tentunya kita akan mengetahui tentang macam-macam jaringan komputer berikut adalah macam macam jaringan komputer.
MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER
Secara umum kita kenal ada 5 macam jenis jaringan komputer yakni LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet, dan Wireless (jaringan tanpa kabel). Sebenarnya konsep jaringan tersebut sama juga yakni untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan untuk dapat berkomunikasi dan berbagai sumber daya. Tetapi yang hanya membedakan adalah letak geologis-nya ( mencakup wilayah atau area jaringan) dan teknologi yang digunakan ( seperti penggunaan kabel yang berbeda satu sama lain, IP addres yang berbeda sesuai kelasnya masing-masing, dan sistem keamanan (security) yang berbeda)
Baca Juga : Pengertian LAN (Local Area Network), Fungsi, Karasteristik, dan Komponen Jaringan LAN
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau sekolah yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering kita jumpai di perkantoran dalam laboratorium sekolah atau pun didalam komputer pribadi yang bertujuan saling membagikan file mereka dengan orang lain. Sehingga LAN digunakan untuk area yang jangkauannya lebih keci tapi cocok dipakai untuk sebuah perusahaan, sekolah atau kampus.
LAN memiliki jangkauan yang terbatas atau memiliki luas yang kecil dibanding jenis jaringan yang lain, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan ter buruknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. 
Dengan jarak yang terbatas sehingga LAN menjadi sangat sering ditemui di beberapa tempat yang membutuhkan cakupan yang sederhana sehingga dapat mengatur jaringan dalam daerah kecil
Keuntungan
ketika kita menggunakan LAN maka kita akan mendapatkan keuntungan yaitu irit dalam pemakaian, pengeluaran biaya, modal dan yang berhubungan dengan biaya karena harga kabel LAN lebih terjangkau serta kecepatan transfer file tersebut lebih cepat
Kerugian
Apabila sesuatu memiliki kelebihan tentu pasti memiliki kekurangan sama halnya seperti kabel LAN yang cakupan area nya tidaklah luas (sempit) sehingga ketika ingin berkomunikasi menggunakan LAN maka orang tersebut harus berada dalam jangkauan yang dapat di jangkau oleh kabel LAN tersebut seperti pada kantor, perusahaan, dan daerah yang cakupan nya keci.
2.   MAN (Metropolitan Area Network)
MAN atau sering disebut Metropolitan Area Network termasuk dalam salah satu jenis jaringan yang memiliki area cakupan yang lebih luas dan lebih canggih daripada LAN yang sebelum nya
mengapa jaringan ini disebut sebut sebagai Metropolitan ketika kita mengetahui arti dari kata tersebut yang berarti kota sama seperti artinya MAN ini digunakan untuk menyambung kan daerah perkotaan dengan perkotaan lainnya.
Keuntungan
Keuntungan dari MAN ini yakni cakupan wilayahnya yang lebih besar daripada LAN tersebut sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan jarak yang lebih jauh daripada LAN tersebut sehingga menjadikan anda semakin efisien yang mampu mempermudah dalam bisnis anda, serta pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan cakupan daerah yang besar.
Kerugian
Seperti LAN ternyata MAN juga memiliki kekurangan seperti menghabiskan banyak biaya pada saat operasional, dapat dengan mudah diambil alih oleh hacker yang dapat mengambil keuntungan pribadi, dan ketika kita ingin memperbaiki jaringan MAN maka membutuhkan waktu yang cukup lama.
3.   WAN (Wide Area Network)
setelah MAN  berikutnya telah ada yang cakupan ya lebih besar yakni Wide Area Network (WAN).
penggunaan jaringan WAN ini sangatlah cocok bagi kita yang ingin berkomunikasi antar negara satu dengan negara yang lain atau antar benua ke benua yang lain.
WAN biasanya terdiri dari LAN dan WAN yang bergabung untuk menjadi 1 yang biasanya mengunakan kabel Optic kemudian kabel tersebut ditanam kedalam tanah begitu pun di dasar laut.
Keuntungan
Keuntungan dari WAN yakni salah satunya karena cakupan nya yang lebih luas dari LAN dan MAN
Kerugian
kerugian dari penggunaan WAN dalam pengoperasian data antara lain biaya operasional yang sangat tinggi dan data yang dimiliki sangat rentang di serang oleh tangan-tangan orang jahat.
4.   Internet
saat ini Internet sangatlah populer di kalangan remaja dan anak-anak karena internet merupakan jaringan yang mendunia.
karena pada saat penggunaan internet lebih mudah dan dapat menghubungkan komputer-komputer yang berada sangat jauh dai pada komputer yang lain dengan singkat
Keuntungan
keuntungan dari internet yakni ketika kita ingin berkomunikasi satu sama lain maka hal tersebut sangatlah mudah kita lakukan karena cakupan areah dari Internet telah mendunia 
Kerugian
Karena jaringan ini dapat menghubungkan komputer 1 dengan komputer yang lain sehingga memicu banyaknya penjahat yang beredar, banyaknya konten yang tidak perlu disebarkan seperti video porno, senjata tajam, obat-obatan dan lain sejenis nya yang sekarang dapat kita temui semua karena adanya internet.
5.   Wireless (Jaringan Tanpa Kabel)
jaringan komputer yang terakhir yakni Wireless yang dapat mengirim file tanpa menggunakan kabel, sehingga pengirim dapat mengirim sinyal kepada user agar dapat digunakan dengan sebaiknya
Keuntungan
keuntungan dari jenis jaringan ini yakni kenyamanan pengguna yang di utamakan karena dapat menghubungkan ke perangkat lain tanpa menggunakan kabel sehingga pengguna dapat leluasa bergerak ke kiri dan ke kanan
Kerugian
pengiriman data lebih lambat dari biasanya tidak seperti jaringan yang menggunakan kabel, dan memerlukan keamanan yang ketat untuk menjaga karena orang lain dapat menerobos masuk ke dalam jaringan
Itulah tadi merupakan pengertian dan macam-macam jaringan komputer muda-mudahan artikel ini dapat membantu para pembaca untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya dan sekarang ini anda terhubung ke internet itu berarti anda menggunakan salah satu jenis jaringan komputer.

0 Response to "Macam Macam Jaringan Komputer beserta Pengertiannya | LENGKAP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel