Manfaat dan tujuan Mempelajari Sejarah serta kegunaannya.


Manfaat dan tujuan Mempelajari Sejarah serta kegunaannya.

Manfaat dan tujuan Mempelajari Sejarah serta kegunaannya.

Sejarah adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sangat menarik untuk dikaji dan dipelajari. Tak hanya itu, sejarah juga mengajarkan hal-hal yang sangat peting bagi kehidupan manusia, terutama mengenai : keberhasilan dan kegagalan manusia dari para pendahulu kita, mulau dari sistem perekonomian yang pernah ada, bentuk bentuk pemerintahan, dan hal-hal penting lainnya yang menjadi pelajaran dalam kehidupan manusia sepanjang sejarah. Dari Sejarah, kita dapat mempelajari apa saja yang memengaruhi kemajuan dan kemunduran sebuah negara atau sebuah peradaban. kita juga dapat mempelajari latar belajang alasan kegiatan politik, pengaruh agama, kehidupan sosial serta sudut pandang budaya dan teknologi yang bermacam-macam sepanjang zaman dimana perkembangan manusia sepanjang saman dinamakan dengan sejarah.
Sejarah termasuk  segala sesuatu apa yang terjadi di masa lalu. Fungsi sejarah pun penting untuk media pembelajaran dan pengetahuan seperti pada contoh di atas tadi. Jika dijabarkan lagi ada beggitu banyak manfaat belajar sejarah yang lainnya termasuk sebagai media rekreatif dan inspiratif. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tujuan sejarah, kegunaannya  serta manfaat mempelajari sejarah terlengkap.
Berikut adalah manfaat belajar sejarah
Mungkin kita sering bertanya-tanya tentang apasih manfaat belajar searah? Ada begitu banyak fungsi dan manfaat belajar sejarah yang dapat di dapat. Berikut adalah manfaat sejarah dan tujuan mempelajari sejarah secara singkat padat dan jelas.
Mengetahui Peristiwa di Masa Lampau.
Yah tentu pasti. Tujuan mempelajari sejarah tentu peristiwa yang terjadi di masa lampau. Dari hal tersebutlah mengapa ilmu sejarah harus di pelajari. Berkat sejarah kita dapat mengetahui apa yang terjadi di masa lalu, siapa yang terlibat, dimana peristiwa terjadi dan apa dampak dari peristiwa tersebut.  Belajar sejarah dapat meningkatkan wawsan kita sebagai manusia yang semakin berkembang dari era ke erah.
Manfaat edukatif dan pembelajaran.
Salah satu tujuan atau manfaat mempelajari sejarah adalah sebagai sarana edukatif bagi siswa pelajar atau siapapun itu karena memiliki tingkat edukatif dan mendidik yang sangat tinggi. Artinya sejarah di jadikan sebagai media pembelajaran yang sangat edukatif. kita dapat mempelajari sejarah dengan sesuka hati kita, mulai dari mempelajari apa yang terjadi di masa lalu sehingga dapat kita mempelajari sebagai edukatif pelajaran
Sebagai sumber Inspirasi
Manfaat dan tujuan sejarah selanjutnya adalah sebagai sumber inspirasi. Artinya apa sejarah digunakan sebagai inspirasi kita contohnya saja putri R.A Kartini yang sekarang menjadi inspirasi bagi kaum perempuan. seperti bangsa kita saat ini yakni bangsa Indonesia yang dulu pernah menjadi no 1 di zaman Kerajaan Hindu - Buddha, bisa digunakan sebagai inspirasi kepada kita semua agar Indonesia kembali berjaya di era teknologi saat ini. sejarah juga sering dijadikan sebagai sumber inspirasi sebuah karya seni lagu dan lain sejenisnya
Sebagai Manfaat instruksi
Fungsi lain dari yaitu untuk instruktif, mengapa deikian?. manfaat sejarah sebagai instruktif muncul dengan adanya perbandingan dengan dunia lama dengan dunia sekarang ini.
Sebagai Sarana Rekreasi
Manfaat mempelajari sejarah yang lain adalah sebagai sarana rekreatif, mengapa demikian?. karena Mempelajari sejarah juga dapat memberikan kesenangan dalam diri penulis maupun pembacanya. Dengan membaca kisah-kisah sejarah kita seolah bertualang melewati batas ruang dan waktu di masa lampau sehingga kita merasakan berada di tempat itu dan melihatnya secara nyata. 
Sejarah Sebagai Keprofesian
Sejarah adalah bidang ilmu dimana banyak  atau dapat dikatakan semua orang yang telah hidup di masa lampau adalah pelaku yang terlibat di dalamnya. Kini sejarah pun bisa dijadikan sebagai profesi atau pekerjaan banyak sekarang guru sejarah dan banyak peneliti yang meneliti tentang sejarah. Orang yang mempelajari tentang sejarah disebut dengan sejarawan. Sementara profesi lain seperti arkeolog, guru sejarah, penulis sejarah dan peneliti juga dikategorikan pada keprofesian yang berhubungan dengan sejarah.
Memperluas Wawasan dan Pikiran
sejarah sangatlah luas untuk kita gali. kita dapat melihat sejarah indonesia tetapi bukan hanya sejarah indonesia tapi begitu banyak wawasan yang dapat kita dapatkan dengan belajar sejarah
Berikut adalah tujuan belajar sejarah
Tentunya jika sejarah memiliki manfaat berarti sejarah memiliki tujuan, berikut adalah tujuan dari sejarah.
Menginspirasi suatu pergerakan
Dalam hal ini begitu banyak pergerapak yang teerinspirasi dari peristiwa sejarah masa lalu yang dijadikan sebagai tolak ukur untuk maju kedepan. Hal ini yang dapat di terapkan dalam sebuah organisasi.
Membantu kita mencari peradaban
 karena sejarah sebenarnya bisa ditemukan dalam bentuk apa saja karena sejarah adalah sesuatu yang terjadi atau benda yang berada pada masa lampau, mulai dari tulisan tangan ataupun tuisan buku  hingga cerita dari mulut ke mulut. Dari situlah kita bisa mendapatkan bukti peradaban bahwa dahulu pernah ada peristiwa hebat di suatu tempat yang mungkin juga tempat yang ditinggali saat ini.
Menentukan asal-usul
Menentukan asal-usul sangat memerlukan sejarah bayangkan saja jika kita ingin mengetahui nenek moyang kita tentunya kita harus mengkaji sejarah yang telah kita temui, mulai dari konteks paling kecil hingga yang paling besar. Contohnya dapat berupa sila-sila keluarga kita, kita dapat mengetahui nenek dari nenek kita tentunya dengan sejarah. dari hal tersebut tidak hanya dari ilmu yang didapatkan mengenai sila-sila keluarga melainkan juga sebuah kepuasan tersendiri.
Meningkatkan kemampuan analisa
Dalam hal ini sejarah sangat erat hubungannya dengan kemampuan analisa sebab sebagian dari sejarah adalah peristiwa penaklukan, perang, demonstrasi, dan revolusi. Dari sini kita bisa belajar menganalisa apa yang bisa menyebabkan perubahan arah dari sejarah tersebut. Dari belajar mengenai sejarah-sejarah itu kita bisa tahu: mengapa revolusi bisa terjadi, siapa dalangnya, apa dampaknya, seberapa besar pengaruhnya. Tentu saja hal ini akan meningkatkan kemampuan analisa akan semua informasi sejarah yang ada dan akhirnya membantu dalam membuat kesimpulan sendiri meskipun sebenarnya kesimpulannya sudah ada dan sudah dianalisis sebelumnya oleh sejarawan.

Dapat melihat dunia dari berbagai sudut pandang
dimana sejarah dunia terbentuk dari pertikaian. Di saat salah satu pihak menang, maka yang lainnya kalah. Disaat satu pihak mendapat kelimpahan, satu pihak lainnya mendapat kekurangan. Di sinilah berbagai sudut pandang datang, dari peristiwa sejarah yang kelam.

Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Inilah yang terpenting saat ini di tengah banyaknya hal-hal yang bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Iitulah tadi beberapa penjelasan tentang Manfaat dan tujuan Mempelajari Sejarah serta kegunaannya mudamudahan dapat menjadi refrensi bagi kita semua jadi sebagai kesimpulan Manfaat dan tujuan Mempelajari Sejarah serta kegunaannya
Manfaat Sejarah:
·        Mengetahui peristiwa Masa Lampau
·        Manfaat edukatif dan pembelajaran
·        Sebagai sumber inspirasi
·        Manfaat Instruksi
·        Sebagai sarana rekreasi
·        Sejarah sebagai keprofisian
·        Memperluas wawasan dan pikiran
Tujuan Sejarah:
·        Mengispirasi suatu pergerakan
·        Membantu kita mencari peradaban
·        Menentukan asal-usul
·        Meningkatkan kemampuan analisa
·        Dapat melihat dunia dari berbagai sudut pandang
·        Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Mudammudahan artikel ini dapat penjadi revrensi bagi parapembaca dan jangan lupa berikan komen di kolom komentar
Thanks

0 Response to "Manfaat dan tujuan Mempelajari Sejarah serta kegunaannya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel