Bahaya Mandi Setelah olahraga | Apakah boleh Mandi Setelah Olahraga


Bahaya Mandi Setelah olahraga
Sebagai seorang manusia tentunya kita perlu menjalani pola hidup sehat agar tubuh kita kekal akan penyakit dan tubuh kita dapat bertahan dalam kondisi ekstrim apapun. Pada saat kita menjalani pola hidup sehat tentunya olahraga adalah salah satu yang dilakukan agar tubuh kita sehat dan kuat. Karena olahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu adalah syarat untuk menaklukkan hidup seimbang. Pada saat olahraga tubuh kita terjaga oleh stabilitas metabolisme dan dan sistem kekebalan tubuh adalah manfaat dari olahraga
Setelah berkeringat pasti tubuh anda akan berkeringat lebih banyak dari biasanya. Anda mungkin akan merasakan tubuh diri sendiri yang berkeringat bau dan lengket. Nah di saat itu ketika tubuh anda berkeringat bau dan lengket anda tidak merasa nyaman dengan keadaan tersebut maka anda bersegera pergi secepat mungkin untuk mandi.
Saat ini banyak argumen dan mitos yang mengatakan bahwa setelah olahraga kita langsung pergi mandi berbahaya bagi kita, ayo kita belajar selengkapnya tentang argumen dan mitos tersebut.
Apakah Bahaya Mandi Setelah Olahraga
Pada saat kita olahraga temperatur yang terdapat pada tubuh kita meningkat sangat drastis, tempo detak jantung kita meningkat dengan begitu cepat, otot – otot yang terdapat dalam tubuh kita mengancang dan aliran darah di pompa oleh jantung begitu cepat sehingga aliran darah mengalir deras ke seluruh tubuh tidak seperti biasanya.
Sama hal nya seperti saat olahraga sangat “PENTING” untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu (Warm-up) dan melakukan perpegangan sebelum kita ber olahraga atau stretch dan melakukan pendinginan setelah olah raga agar otot – otot kita kembali rileks. Sehingga saat kita olahraga maka tubuh kita siap di “hajar” ( contohnya pada persendian kita tidak kaget atau tidak terlalu kaku / bisa fleksibel ketika menekuk / terkena beban berat) ; dan tentu kita harus melaksanakan pendinginan seperti yang saya jelaskan tadi di atas yaitu pendinginan atau cooling down
Pada saat olahraga tentunya otot – otot kita mengalami nyeri begitupun dengan persendian kita mengalami nyeri, tentunya kita sebagai manusia ingin rasa nyeri itu hilang.
Cara yang sering di lakukan orang banyak untuk membantu meringankan anda meringankan nyeri otot dan sendi. Selain itu pada saat mandi tubuh kita akan dibersihkan dari keringat dan kotoran yang menempel pada tubuh kita. Lalu apakah boleh langsung mandi setelah olahraga ? ternyata jawabannya TIDAK mengapa demikian berikut penjelasannya.
Mengapa langsung mandi setelah olahraga tidak boleh
ya tentu seperti yang saya jelaskan tadi bahwa ketika kita mandi maka otot – otot kita akan lebih rileks sehingga tubuh kita tidak merasakan kesakitan. Tapi pada saat mandi setelah olahraga membahayakan  bagi tubuh kita.
Ketika kita ingin mandi setelah olahraga kita dapat mandi dengan cara aman yakni anda harus memberikan waktu jadah yang cukup antara olahraga dan mandi. Jangan sampai setelah olahraga langsung mandi justru menimbulkan masalah bagi kesehatan.
Saat anda sedang olahraga jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya ini menyebabkan kenapa pada saat olahraga kita sering ngos ngosan. Hal ini membuat suhu tubuh kita meningkat dan detak jantung kita lebih cepat. Jika anda langsung mandi maka pembuluh dara kita akan melebar dan membuat diri anda lebih rentang dan kebal terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang anda tiba – tiba misalnya serangan jantung yang mengenai orang karena pembuluh darah yang dimilikinya melebar.
 Oleh karena itu hal yang dilakukan setelah olahraga ialah pendinginan seperti yang telah di jelaskan sebelumnya. Pendinginan wajib dilakukan oleh setiap orang yang telah melaksanakan olahraga untuk membuat detak jantung dan suhu tubuh kembali normal. Parah ahli menyatakan untuk melakukan pendinginan persis setelah olahraga untuk melakukan pendinginan minimal 20 menit sebelum anda memutuskan untuk mandi. Dengan demikian tempo detak jantung kita normal kembali ( 60 – 100 bpm) dan aliran darah kembali normal, hal ini perlu di lakukan agar otot – otot dan pembuluh dara menjadi normal sehingga resiko serangan jantung semakin menurun.
Sebaiknya menggunakan air hangat atau air dingin ?
Pada saat kita mandi menggunakan air hangat maupun menggunakan air dingin atau pun menggunakan keduanya sama – sama bermanfaat bagi tubuh kita. Dr. Kristin Maynes, spesialis terapi fisik di California menyatakan bahwa mandi air hangat memicu lancar nya aliran darah ke seluruh tubuh, membantu menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi. Selain itu, ketika anda mandi menggunakan air hangat juga dapat membuat Anda merasa lebih rileks setelah.
Sedangkan pada saat anda menggunakan air dingin untuk mandi tentunya dapat membantu tubuh untuk melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit. Ketika anda olahraga, detak jantung anda akan meningkat. .
Kondisi ini normal terjadi pada saat anda melakukan olahraga yang cukup intens, karena tubuh kita mengandalkan cadangan energi yang ada di dalam tubuh. Nah pada saat jumlah asam laktat meningkat, maka akan menimbulkan perasaan seperti rasa terbakar yang berlebihan pada saat olahraga. Jadi mandi air dingin merupakan solusi terbaik untuk meredakan rasa panas tersebut.
Selain itu madi menggunakan air dingin setelah olahraga juga mengurangi resiko terjadinya radang otot dan rasa nyeri yang disebabkan oleh olahraga yang terlalu intes.  Secara keseluruhan, mandi setelah kita olahraga menggunakan air dingin dapat membantu pengucilan pembuluh dara yang membesar pada saat anda olahraga dan dapat mengurangi aktivitas metabolik yang bisa menjadi penyebab kerusakan jaringan serta pembengkakan.
Pada saat anda mandi setelah olahraga tidak mengancam kesehatan anda asalkan anda memberikan jeda yang cukup setelah anda olahraga dan mandi sehingga pembuluh dara kembali mengecil. Anda dapat mandi menggunakan air dingin atau pun air panas pada saat mandi hal tersebut tergantung selera anda. Pada saat mandi usahakan untuk membersihkan tubuh kita dengan sempurna dari ujung kepala hingga ujung kaki agar tubuh kita dapat terbebas dari kuman yang menempel dan dapat membuat anda kembali segar untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.
Terus apakah bahaya ketika kita tidak memberikan jeda setelah mandi kemudian olahraga berikut adalah bahayanya
Bahaya Yang Ditimbulkan Setelah Olahraga
Seperti yang telah saya jelaskan tadi bahwa ketika kita telah olahraga dan kemudian mandi itu tidak apa – apa asalkan kita memberikan jeda yang cukup sebelum mandi. Tapi tahukah teman – teman bahwa setelah olahraga kemudian mandi tanpa memberikan jadah ternyata dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan dan dapat mengakibatkan kematian loh.
Berikut adalah penyakit yang dapat diderita ketika mandi setelah olahraga.
·        Serangan jantung
Di Indonesia fenomena ini sering dikenal sebagai “angin duduk”. Tidak ada hujan tidak ada angin, pulang malam, capek-capek lalu mandi, dan tiba-tiba ‘lewat’ (amit-amit). Sering dengar kan?
·        Serangan stroke
Pasti kalian mau tahu alasan di baliknya kok bisa terkena stroke? Kalau kalian baca dengan cermat penjelasan di awal saya tadi :
Aliran darah mengalir deras terutama karena tempo detak jantung yang meningkat (saat olahraga intens) = nah ini tentunya ditunjang juga dengan pembesaran pembuluh darah yang menjadi saluran/’pipa’ jalur mengalir darah. Get the idea? 

Jika kamu ‘hajar’ dengan langsung mandi tanpa sempat membuat tubuh ‘normal’ dulu, akibatnya tubuh internal ‘kaget’ yang dikhawatirkan pembuluh darah di balik kulitnya jadi “dilated” (membesar) = pecah. Ini sangat-sangat berbahaya, dan bisa saja terjadi jika tubuh kamu sensitif atau mungkin tidak cukup kuat menanggung tekanan eksternal dan internal dalam waktu yang bersamaan tersebut (faktor umur dan lifestyle juga memengaruhi).

Ini tidak pasti akan selalu terjadi kepada semua orang, variabelnya juga banyak! Tapi kalau kamu bisa hindari kenapa tidak kan (meminimalisir risiko)? Punya tubuh yang fit (dengan berolahraga) memang penting, tapi menjaga keselamatanmu adalah tetap menjadi prioritas utama! Jangan sampai kejadian dan mungkin kita kehilangan nyawa karena hal konyol.
Sekian bahaya dari mandi setelah olahraga tanpa anda jeda muda – mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua.... Amin

0 Response to "Bahaya Mandi Setelah olahraga | Apakah boleh Mandi Setelah Olahraga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel