Pengertian teknologi menurut para ahli beserta definisinya


Pengertian teknologi menurut para ahli beserta definisinya
Teknologi, merupakan kata yang tidak asing di telinga kita bahkan di mulut kita ! Ya tentu saja teknologi merupakan istilah umum yang menggambarkan sebuah perkembangan di dalam dunia teknik yang sekarang sedang buming di dunia maya maupun di dunia nyata. Saat ini kita berada dalam priode perkemmbangan teknologi di 4 . 0 yang memiliki perkembangan yang sangat pesat mulai dari perkembangan teknologi informasi, teknologi komputer, teknologi mesin dan masih banyak lagi perkembangan tekologi yang begitu berguna bagi kehidupan manusia. Terkhususnya generasi-generasi sekarang.
Asal kata teknologi.
Kata teknologi merupakan kata yang berasal dari serapan bahasa inggris yaitu ‘ technology ’ . saat ini di indonesia penggunaan kata teknologi umum digunakan untuk segala sesuatu yang mempunyai sifat teknis yang dapat mempermudah pekerjaan manusia dan tentu saja teknologi merupakan kasil dari kemudayaan kita yang sengaja maupun tidak sengaja dibuat oleh tangan manusia sadar maupun tidak sadar. Sebelum itu semua, teknologi juga diyakini di beberapa daerah bahwa teknologi juga berasal dari bahasa yunani , yaitu Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.
Penggunaan kata technilogy seniri mulai dicituskan oleh salah satu  ilmuwan sosial asal Amerika, yang pada awal abad ke 20 mulai digagas sebagai padanan dari konsep bahasa Jerman, yaitu Technik menjadi technology. Penggunaan kata teknologi ini dicetuskan setelah munculnya revolusi industry di Eropa, yang memunculkan banyaknya perubahan luar biasa dari segi industry dan juga perburuhan pada masa itu.
Pengertian teknologi menurut para ahli beserta definisinya
Pengertian teknologi menurut para ahli
Teknologi sendiri pada saat ini sangat berkmbang karena juga sekarang berada dalam refolusi industri 4 . 0 yang marak – marah dibincangkan dan dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar sampai dengan perorangan . teknologi saat ini tidak hanya sebagai sebuah ilmu praktis mengenai hal – hal yang berbau teknis, namun teknologi sudah berkembang menjadi salah satu pondasi ilmu pengetahuan ilmiah secara luas. Hal ini begitu banyak di tunjukkan dengan banyaknya bidang ilmu yang didasari oleh teknologi.
Karena hal ini kemudian memunculkan berbagai definisi dan juga pendapat serta argumen dari para ahli mengenai mengenai definisi dari teknologi. Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli mengenai teknologi
·        Sardar (1987)
Pada Tahun 1987, Sardar mengungkapkan bahwa teknologi merupakan sebuah sarana dalam memecahkan masalah yang mendasar dari setiap peradaban manusia. Tanpa adanya penggunaan teknologi, maka hal ini akan menyebabkan banyak masalah tidak bisa terpecahkan dengan baik dan sempurna.
·        Ursula Franklin (1989)
Seoarang ilmuwan lainnya, yaitu Ursula Franklin memberikan definisi atau pengertian dari teknologi yang lainnya. Franklin (1989) mengemukakan sebuah pendapat tentang teknologi yang merupakan cara praktis yang menyelesaikan semua pekerjaan manusia dengan cara yang telah di atur oleh sang pengguna teknologi tersebut.
Pengertian ini merujuk pada penggunaan teknologi yang merupakan seluruh benda yang dibuat oleh manusia, dimana setiap orang bisa saja membuat dan juga mengembangkannya apabila mempelajari nya dengan baik dan dapat menerapkan nya secara praktis.
·        Read Bain (1937)
Pada tahun 1937, muncullah pendapat lainnya mengenai teknologi. Pendapat ini dibuat dan dipublikasikan seorang sosiolog dari Amerika, yang memiliki nama Read Bain. Bain (1937) mempublikasikan dengan mengatakan bahwa  teknologi adalah semua alat yang kita gunakan, mesin yang beroperasi karena perintah kita, perkakas yang mempermudah pekerjaan kita, dimana hal tersebut memungkinkan kita sebagai manusia dapat menghasilkan semua itu.
Berdasarkan pendapat Bain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan segala sesuatunya yang bisa diciptakan dan juga dibuat oleh seorang atau sekelompok manusia yang kemudian bisa memberikan nilai dan manfaat bagi sesama.
·        Saliman dan Sudarsono (1993)
Tokoh lainnya yang memberikan definisi mengenai teknologi adalah Saliman dan Sudarsono (1993). Saliman dan Sudarsono mengatakan bahwa Teknologi merupakan suaut ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai pembangunan dan juga industry.
·        Rogers (1994)
Rogers mengatahkan bahwa pada tahun 1994 teknologi merupakan suatu rancangan dari sebuah langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.
·        Djoyohadikusumo (1994)
Djoyohadikusumo mempublikasikan tentang teknologi pada tahun 1994 sebagai sebuah ilmu yang berkaitan erat dengan ilmu sains dan ilmu rekayasa dari hal tersebut Dapat disimpulkan bahwa dasarnya teknologi bisa disebut memiliki dua dimensi, yakni dimensi engineering dan juga dimensi science. Kedua dimensi itu akan saling terkati selam perkembangan dan juga penciptaan dari sebuah teknologi, dan tidak bisa terpisahkan.
·        Naisbit (2002)
Naisbit merupakan salah satu orang yang mengungkapkan  tentang pengertian teknologi  pada tahun 2002 mengutip pengertian dari teknologi dari Random House Dictionary, yang mengemukahkan bahwa teknologi merupakan sebuah benda dan juga objek, serta bahan dan juga wujud yang berbeda dibandingkan dengan manusia biasa.
·        Manuel Castells (2004)
Castells  juga termasuk kedalam orang yang mengemukakan pendapatnya pada tahun (2004) yang mengemukakan bahwa teknologi merupakan suatu kumpulan alat, dan aturan serta juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan
·        Capra (2004)
Tokoh lainnya, yaitu Capra pada tahun 2004 mengatakan bahwa teknologi merupakan salah satu pembahasan sistematis atas seni terapan atau pertukangan. Hal ini mengacu pada literature dari Yunani yang menyinggung mengenai Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.
·        Toynbee (2004)
Di tahun 2004 seorang ilmuwan bernama Toynbee mengatakan bahwa teknologi adalah ciri dari kemuliaan seorang manusia yang ketika hidup memerlukan bantuan orang lain, sehingga manusia tersebut membuat sebuah inovasi untuk membantu dirinya
·        Elul (dalam Miarso, 2007)
Elul (dalam Miarso, 2007) mengatakan bahwa teknologi adalah keseluruhan dari metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri – ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.
·        Miarso (2007)
Pendapat lain pula muncul dari seorang ilmuwan pada tahun 2007 yang mengungkapkan bahwa sebuah teknologi  yang merupakan suatu bentuk proses untuk meningkatkan sebuah nilai tambah tersendiri. dalam hal tersebut hal ini dikemukakan oleh Miarso. 
·        Poerbahawadja Harahap
Pada tahun berikutnya seorang bernama Poerbahawadja harap menjelaskan ke publik bahwa ketika kita menggunakan kata teknologi kita mengacu kepada sebuah ilmu pengetahuan yang berfungsi untuk menyelidiki cara kerja di bidang teknik yang saat ini dapat kita temui mengacu di dalam pabrik atau industri tertentu. Definisi ini tentu saja sangat mengacu pada definisi praktis dari teknologi, yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industri tertentu.
·        Wikipedia
pengertian tentang teknologi berasal dai sebuah website yang memiliki nilai tinggi dalam mesin pencarian, dalam Website tersebut dikatakan bahwa teknologi merupakan rujukan dari begitu banyak teknik teknik yang mencakup begitu banyak hal. ketika kita membaca lebih lanjut disebutkan bahwa teknologi dapat dikelompokkan dalam benda atau bukan benda yang diciptakan oleh manusia secara terpadu yang melalui sebuah proses penciptaan dan kreasi yang bertujuan untuk membuat suatu teknologi
·        Merriam Webster
pengertian teknologi selanjutnya kami dapatkan dari kamus yang bernama Merriam Webster yang banyak digunakan sebagai sumber referensi ilmu, yang mengemukakan bahwa teknologi merupakan suatu aplikasi atau penerapan dari sebuah ilmu pengetahuan yang drastis. Penerapan praktis ini terkadang dikhususkan juga pada ruang lingkup tertentu.
·        Kamus Besar Bahasa Indonesia
ketika kita mencari pengertian teknologi dalam sebuah buku yang bernama Kamus Besar Bahasa Indonesia atau sering kita sebut sebut KBBI yang merupakan kumpulan pengertian dari suatu objek yang  juga memberikan definisi dan juga pengertian lainnya mengenai teknologi. Disebutkan oleh KBBI, bahwa teknologi merupakan suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pngetahuan terapan.

Kesimpulan dari pengertian teknologi
Dari 16 pengertian teknologi di atas yang di publikasi kan oleh ahli , maka kita dapat menyimpulkan beberapa kesimpulan secara umum dari definisi sebuah teknologi. Berikut ini adalah merupakan kesimpulan yang dapat kita simpul kan dari pembahasan di atas  :
· Teknologi adalah sebuah metode praktis yang digunakan untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan bisa digunakan secara berulang kali.
·   Teknologi diciptakan oleh manusia, banyak berhubungan dengan kegiatan praktis yang dilakukan manusia sehari hari.
·   Dasar keilmuan yang dimiliki oleh teknologi adalah keilmuan sain, yang merupakan versi praktis atau praktikal dari sebuah sains.
·     Setiap teknologi bisa diciptakan dan juga dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan yang dimiliki manusia. Batasan dari sebuah teknologi hanyalah pikiran manusia. selama manusia terus menerus mencari ide baru maka tak akan pernah teknologi terus berkembang.
Pengertian teknologi menurut para ahli beserta definisi nya

0 Response to "Pengertian teknologi menurut para ahli beserta definisinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel