Puasa Telah Mulai apakah telah mempersiiapan 7 hal ini!!


Puasa Telah Mulai apakah telah mempersiiapan 7 hal ini!!

Marhaban ya ramadhan telah tibah bulan suci ramadhan yang telah menghampiri kita semua itu adalah sebuah keberkaan bagi kita ummat muslim.
    Pada artikel sebelumnya telah dibahas 7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bulan Suci Ramadan dan pada artuiikel kali ini kita akan membahas apakah 7 hal tersebut telah dipersiapkan.

Pertama, Berdo'a kepada Allah SWT.  sebelum kita melaksanakan ibadah ppasa tentunya kita sebagai ummat muslim terlebih dahulu berdoa kepada allah SAW semoga kita masih di berika kesehana agar kita dapat merasakan bulan puasa selanjutnya
Kedua, Membayar hutang puasa tahun lalu. jika kita ingin melaksanakan puasa tahin ini terlebih dahulu kita mengingat kembali tahun yang lalu apakah diri kita memili puasa yang bolong atau tidak dilaksanakan karena sakit, dalam perjalanan atau untuk perempuan karena sedang menstruasi, atau sedang menyusui maka sebaiknya menganti puasa kita yang telah kita lewatkan di tahun sebelumnya,
Ketiga, Mempersiapkan keilmuan kita tentang keIslaman. Sebelum menjalankan puasa ada baiknya kita mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang agama Islam seperti Al Qur'an, Hadits, atau membaca buku-buku agama, atau melihat video pengetahuan Islam seperti tentang wudhu, puasa, shalat, haji, sejarah nabi dan rasul dan lain-lain.
Keempat, Persiapan lahir dan batin. tentunya yang tidak boleh kita lewatkan sebagai ummat muslim ketika kita ingin melaksanakan ibadah puasa yakni mempersiaka diri kita mulai dari lahir hinga batin kita. Oleh karena itu persiapkan lahir atau fisiknya dengan baik, dan batinnya dengan cara menjauhkan sifat-sifat buruk seperti sirik, iri dan dengki kepada orang lain, sombong, dan lain-lain. Mudah-mudahan diakhir kita bisa menjadi orang yang ikhlas, sabar, rendah hati dan peduli dengan orang lain. 
Kelima, Mempersiapkan keuangan. selama kita sebagai ummat muslim ketika kita ingin memasuki bulan suci ramadhan tentunya kita mempersiapkan keuangan kita terlebih dahulu karena tidak ada yang tau apakah ada makanan yang dapat kita makan pada saat sahur dan berbuka. Selain itu di bulan Puasa kita dianjurkan untuk memperbanyak amal sholih seperti infaq, zakat, sodakoh, atau ifthar (memberikan makan orang berpuasa).
Keenam,  Menjaga Kesehatan. Persiapan fisik agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan sangat penting. karena dengan mempersiapkan badan kita agar sehat sehingga dapat memperjancar ibadah puasa kita serta amalan amalain lain yang dapat kita kerjakan di bulan puasa

Ketujuh. Menyelenggarakan Tarhib Ramadan. Selain persiapan pribadi, sebaiknya kita juga melakukan persiapan secara bersama-sama seperti melakukan Tarhib Ramadan yakni mengumpulkan kaum muslimin yang ada di lingkungan Anda untuk diberikan pengarahan mengenai Puasa Ramadan, adab-adab miliknya, syarat dan rukun puasa yang harus kita kerjakan dan hal-hal yang membatalkan puasa mulaidari makan minum dan lain sebagainya dan amalan ibadah yang lainnya seperti tarwih .

    Apakah 7 hal tersebut telah kita laukan sebagai ummat muslim. jika selesai maka kita termasuk orang yang beribadah dengan persiapan yang matang.
    Mungking cukup untuk artikel kali ini mudamudahan bermanfaat bagi kita semua 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

0 Response to "Puasa Telah Mulai apakah telah mempersiiapan 7 hal ini!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel