7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bulan Suci Ramadan

7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bulan Suci Ramadan

Bulan Ramadan disebut dengan bulan berkah atau juga bulan penuh hikmah. Karena di dalamnya banyak kejadian-kejadian yang bersejarah dari Nabi Muhammad SAW menerima Wahyu atau turunnya Al Qur'an pertama kali, pembebasan Makkah, Perang Badar, dan lain-lain.
Kita sebagai ummat muslim tentunya kita harus melaksanakan kewajiban kita sebagai ummat muslim yakni melaksanankan ibadah puasa selama sebulan penuuh sesuai yang telah di anjurkan nabi kita. 
pada saat kita melaksanakan ibadah puasa tentunya kita dilatih untuk menahan hawa nafsu, menahan lapar dan haus serta beberapa keutamaan yang akan kita dapat pada saat bulan ramadhan
tentu kita sebagai ummat muslim wajib menambut bulan suci ramadhan dengan hati yang gembira sesuai yang dikatakan nabi kita muhammad SAW dalam sabdanya "Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah SWT sang pengcipta hari pembalasan dan yang menguasai hari kebangkitan, di bulan ini (bulan Ramadhan )terdapat satu malam yang sangat spesial bahkan lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. (HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
selain kita sebagai ummat muslim tentunya kita harus mempersiapkan semua yang akan kita gunakan dalam menghadapi bulan suci ramadhan agar kita benar benar menjadi apa yang di inginkan allah SAW

Pertama, Berdo'a kepada Allah SWT.  
sebelum kita melaksnankan ibadah puasa tentunya kita terlebih dahulu harus berdoa kepada sang pencipta yang telah menciptakan manusia dari segumbal darah agar Allah SAW memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat menjalankan ibada puasa dengan lancar
Kedua, Membayar hutang puasa tahun lalu.
jika kita sebagai ummat muslim mengetahui bahwa kita tidak dapat melaksanakan idabah puasa karena diri kita sedang sakit, atau kita sedang berpenjalanan jauh sehingga menuntut kemungkinan kita tidak dapat berpuasa maka kita harus membayas semua kesalahan yang telah kita berbuat terlebih dahulu sebelum memasuki bulan suci ramadhan
Ketiga, Mempersiapkan keilmuan kita tentang keIslaman. Sebelum menjalankan puasa ada baiknya kita mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang agama Islam seperti Al Qur'an, Hadits, atau membaca buku-buku agama, atau melihat video pengetahuan Islam seperti tentang wudhu, puasa, shalat, haji, sejarah nabi dan rasul dan lain-lain.
Keempat, Persiapan lahir dan batin.
Persiapan lahir dan batin yang perlu kita persiapkan ini tentu sangat penting karena kita diwajibkan nemunaikan ibada puasa. puasa adalah ibadah yang dilakukan oleh seseorang kepada penciptanya yakni Allah SAW. Oleh karena itu persiapkan lahir atau fisiknya dengan baik, dan batinnya dengan cara menjauhkan sifat-sifat buruk seperti sirik, iri dan dengki kepada orang lain, sombong, dan lain-lain. Mudah-mudahan diakhir kita bisa menjadi orang yang ikhlas, sabar, rendah hati dan peduli dengan orang lain. 
Kelima, Mempersiapkan keuangan
selama kita menjalankan ibadah puasa tentu kita sebaagai ummat muslim haruslah mempersiapkan keuangan kita agar ketika kita sedang melaksanakan ibadah puasa kita dapata memenuhi kebutuhan pada saat berbuka puasa.. Selain itu di bulan Puasa kita dianjurkan untuk memperbanyak amal sholih seperti infaq, zakat, sodakoh, atau ifthar (memberikan makan orang berpuasa).
Keenam,  Menjaga Kesehatan. Persiapan fisik agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan sangat penting. karena pada saat badang kita sehat tentunya kita tidak mengalami masalah dalam berpuasa sehingga kita dapat khusud dalam melaksanakan ibadah puasa.. Oleh karena itu sebaiknya kita makan dan minuman  bergizi, halal dan sehat. 
Ketujuh. Menyelenggarakan Tarhib Ramadan. Selain persiapan pribadi, sebaiknya kita juga melakukan persiapan secara bersama-sama seperti melakukan Tarhib Ramadan yakni mengumpulkan kaum muslimin yang ada di lingkungan Anda untuk diberikan pengarahan mengenai Puasa Ramadan, adab-adabn dalam melaksanakan ibada puasa, syarat dan rukun puasa yang wajib kita ketahui dan hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari yang kecil hingga yang besar dan amalan ibadah yang lainnya.
Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum bulan ramadan. Semoga teman-teman dapat menjadikannya panutan di dunia hingga di akhirat nanti.

0 Response to "7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bulan Suci Ramadan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel