7 Tata Cara Minum Yang Dianjurkan Rasulullah SAW

7 Tata Cara Minum Yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Minum Adalah salah satu keperluan kita sebagai manusia siapapun itu karena setiap yang bernyawa memerlukan minum. sekita kanusia kekuranggan minum maka tubuh terasa lemas dan tenggorokan terasah kering, karena tubuh membutuhkan air untuk tetap hidup.


Cairan yang masuk ke dalam tubuh bermanfaat menghilangkan dahaga, menyegarkan tenggorokan, menghilangkan racun, menambah oksigen, dan sebagai sumber energi bagi tubuh manusia. tapi untuk minum memiliki tata cara tersendiri!!

Banyak bagi kita yang masih belum mengetahui tentang tatacara minum yang baik menurut agama islam. Dalam islam ummat muslim diwajibkan untuk meneladani atau mengikuti tatacara Rasulillah SAW Semasah hidupnya, tujuannya, tentu bukan semata-mata karena ibadah tapi ada unsur keberkaan didalamnya.

1. Niat
 Sebelum minum kita terlebih dahulu berniat agarkiranya cairan yang masuk ke dalam tubuh terdapat keberkaan dii dalamnya agar dapat membuat tubuh terasa lebih berenergi lagi. Niat minum juga ditujukan kepada ALLAH SAW sebagai ibadah kepadanya.

2. Baca Doa
 Biasakanlah sebelum memulai sesuatu untuk membaca doa karena doa adalah salahsatu cara agar kita dapat terhindar dari hal hal yang tidak kita inginkan. ketika minum biasakanlah membaca basmalah. dari Amr bin Abi Salamah dia mengatahkan bahwa, Rasululah SAW bersabda dalam hadisnya, Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah kata bismillah, makanlah dengan tangan kananmu (bukan dengan tangan kiri) dan makanlah makanan yang berada di dekatmu ( bukanlah makanan yang jauh berada darimu).” (HR Thabrani dalam Mu’jam Kabir)

3. Tidak Bernafas atau meniup air
 Dalam suatu hadits dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)
Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi pernah mengatakan, “Larangan bernafas dalam wadah ( atau gelas dan sejenisnya yang digunakan minum ) air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum yang akan kita minum atau menimbulkan bau yang tidak enak pada air atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu ( misalkan tai hidung, ingus dan lain sejenisnya..”
salah seorang sahabat rasululah yaitu Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu,perna melihat rasululah kitika rasuluah minum dan beliau mengatakan bahwa, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum beliau mengambil nafas di luar wadah ( atau gelas dan sejenisnya yang digunakan untuk minum ) air minum sebanyak tiga kali.” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.” kata beliau
Jadi Jelas kan kita tidakboleh bernafas atau meniup air.
4. Dilarang minum langsung dari mulut teko/ceret
Dari Abu Hurairah, beliau melihat rasululah minum dan mendengarkan perkataan rasulullah dan berkata, “Rasulullah melarang minum langsung dari mulut qirbah (wadah air yang terbuat dari kulit) atau wadah air minum yang lainnya.” (HR Bukhari no. 5627).
Menurut sebagian ulama mengatahkan bahwa minum langsung dari mulut teko hukumnya adalah haram, namun mayoritas ulama mengatakan hukumnya makruh jadi sebagai ummat muslim kita harus berhati- hati dalam minum dari mulut teko. maka sebaiknya ketika kita ingin minum sebaiknya kita terlebih dahulu menuangkan air minuman kita kedalam gelas setelah itu kita dapat meminum air tersebut
5. Minum Dengan Tangan Kanan
Tangan kanan dipercaya untuk melakukan hal-hal baik. Begitu pula saat minum, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah pula bersabda agar manusia makan dan minum menggunakan tangan kanan. Hal ini dipercaya akan membawa berkah dan membuat tubuh menjadi lebih segar lagi.

6. Menutup tutup botol minum pada malam hari
Kita harus membiasakan diri untuuk menutu botol minum pada malam hari kerena, hadits dari Jabir bin Abdillah, ia berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda, “Tutuplah bejana-bejana dan wadah air. Karena dalam satu tahun ada satu malam, ketika ituturun wabah, tidaklah ia melewati bejana-bejana yang tidak tertutup, ataupun wadah air yang tidak diikat melainkan akan turun padanya bibit penyakit.” (HR. Muslim)

7. Bersyukur
Setelah kita minum hendaklah bersyukur kepada Allah SWT. karena itu adalah sebuah berka bagi kita semua ummat muslim.

Itulah 7 cara minum yang dianjurkan Rasulullah SAW Jangan lupa untuk memberitahukannya kepada teman terdekat apalagi kepada keluarga.

0 Response to "7 Tata Cara Minum Yang Dianjurkan Rasulullah SAW"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel